Tags

, ,

Effan Adhiwira adalah seorang arsitek Kul Kul Green School, Sibang, Bali yang terpilih sebagai salah seorang finalis dari 5 finalis yang menyisihkan sekitar 103 peserta kompetisi desain arsitektur Green Design 2008 yang diadakan oleh Griya Asri, sebuah majalah terkemuka untuk arsitektur dan interior design di Indonesia.

Karya Effan pada kompetisi ini adalah green residential design “The Kampung” di Sentul City yang menggunakan prinsip sustainable design dan materi daur ulang seperti almunium, system manajemen pembuangan air limbah, panel insulasi, dan pendingin udara alami. Rancangannya memadukan desain arsitektur kontemporer dengan meminimalis dampak pada lingkungan. Prinsip utama yang diterapkan dalam desainnya adalah Modular House dimana sang empunya dapat leluasa menentukan luasan, tinggi finishing,dsb. Yang kedua adalah Floating House yang memungkinkan tanah yang dipergunakan memiliki resapan yang maksimal dan yang ketiga adalah Waste Water Management yang memaksimalkan pengelolaan air hujan untuk kepentingan rumah juga pengelolaan air limbah. Upaya green tidak hanya dituangkan Effan dalam karya desainnya saja namun dalam membuat presentasinyapun menggunakan software render SketchUp dimana penggunaan waktu dan pemakaian listrik untuk computer menjadi lebih efesien.

Bagi Effan mendesain adalah mengadaptasi dan menyesuaikan bagaimana kita berkreasi dan membangun secara harmonis di lahan tempat kita akan tinggali. Kita harus selalu mengutamakan penghargaan bagi lingkungan kita, ujarnya. Barangkali upaya kreatif yang dilakukan oleh Effan patut menjadi motivasi kita semua, ia tidak hanya bekerja sebagai arsitek di Kul Kul Green School -yang mendesain dengan mengeksplorasi bambu sebagai materi utama- saja, diluar itu Effan masih dapat berkarya dengan idealisme dan kegundahannyanya mengikuti beberapa kompetisi desain arsitektur green termasuk mendesain zero-energy building juga desain public green toilet. Semoga menjadi pemenangnya dalamkompetisi ini Effan !




Gambar Presentasi : Griya Asri. Foto: Kul Kul Green School