Tags

, , ,

Dalam satu minggu telah dua kali Asosiasi Desainer Grafis Indonesia Bali Chapter atau Adgi Bali Chapter menggelar acara casual gathering yang juga memeberikan pencerahan bagi para desainer grafis Bali yang hadir. Bentuk casual gatheringnya sederhana, mendaulat mereka insan kreatif atau desainer Grafis yang sedang berada di Bali baik untuk urusan bekerja maupun hanya berlibur untuk meluangkan waktunya maximum 3 jam untuk dijamu makan malam sambil berbincang soal karya atau hal lain yang sangat relevan dengan dunia kreatifitas. Pemberitahuan bagi yang mau hadir juga sangat sederhana, cukup sms atau email. Buat makan malamnya masakan khas Bali cukup satu orang membayar Rp 10.000,- Namun harga keakraban, fun dan ilmu yang didapat tentunya begitu besar.


Hermawan Tanzil sharing pengalamannya dengan anggota Adgi Bali Chapter

Casual gathering ini diberi judul “MEBASE GENEP” dan bakal dijadikan acara khas Adgi Bali Chapter, diramalkan programnya akan berlanjut dan seru. Hari Minggu 26 Oktober 2008 tamunya adalah Hermawan Tanzil, salahsatu desainer grafis terkemuka Indonesia yang karya-karyanya masuk di publikasi dan meraih penghargaan internasional dibawah firma desain yang didirikannya LeBoYe. Hermawan Tanzil yang juga menjadi penasihat di Adgi Mother Chapter pada kesempatan itu berbagi hal penting yang terefleksikan dalam karirnya menjadi seorang desainer mengenai open mind, passion, love, relationship, dan professionalism. Beberapa portfolionya yang penting semenjak masa sekolah hingga yang terakhir juga dipresentasikan. Gaya penuangan yang khas dan mencirikan craftmanshift yang tergarap selalu dihadirkan dalam karya-karyanya. Kekayaan Indonesia dalam seni dan budaya kerap mengilhami dan dihadirkan pada sebagian karyanya itu. Gagasan dan proses memang menjadi cair melatari karya-karyanya. Di akhir sesi yang hadir berkesempatan bertanya dan menjadi referensi penting bagi hadirin.

Gathering berikutnya pada Jumat 31 Oktober 2008 dengan tamu M. Arief Budiman dari Petakumpet Yogyakarta. M. Arief Budiman adalah sosok kreatif dengan segudang prestasi selain sebagai creative director Petakumpet, Ketua Adgi Jogja Chapter, Finalis International Young Designer Entrepreneur of the Year juga baru saja menerbitkan buku “Jualan Ide Segar” yang berisi buah pikirannya serta perjalanan Petakumpet yang dalam 5 tahun terakhir meraih banyak award untuk karya-karya terbaiknya.

Pada kesempatan malam itu M. Arief Budiman membawakan presentasinya “Jualan Ide Segar” yang mengajak para hadirin menyadari kembali modal mendasar yang ada pada setiap orang untuk maju yaitu “kreatifitas”. Kreatifitas pula yang diyakininya dapat membuat bangsa Indonesia bangkit dan mengejar ketinggalannya. Kemauan keras untuk maju dilandasi niat untuk mencapai sesuatu yang bermanfaat bukan hanya untuk diri sendiri namun juga bagi lingkungan dan orang lain.

Antusias dan inspiratif dirasakan oleh para hadirin yang datang di acara casual gathering Adgi Chapter Bali ini. Tak selamanya ilmu yang bermanfaat harus didapat dengan susah payah. Adgi Bali Chapter memang selalu berusaha mengeksplorasi kemungkinan-kemungkinan baru yang dapat dilakukan untuk memberikan benefit bagi para anggotanya maupun komunitas lain dan masyarakat. Model acara semacam ini diyakini sangat efektif dan memiliki impact yang sangat besar bagi proses kreatif para desainer terutama desainer muda dan mahasiswa.

Pada hari Minggu tanggal 9 November nanti Adgi Bali Chapter akan mengadakan Zoom In yaitu kupas tuntas sebuah masalah dengan topik Lebih Jauh Mengenal Visual Branding dengan menghadirkan nara sumber Danton Sihombing dari Inkara Design Jakarta dan dimoderatori Ayip dari Matamera Communications. Acara Zoom In ini akan diselenggarakan di Kampus B New Media, Jalan Tukad Batang Hari Denpasar pada tanggal 9 November 2008 mulai jam 16.00 Wita. Kesempatan terbuka bagi 60 orang saja mengikuti acara ini dan bagi anggota Adgi tidak dikenakan biaya apapun alias gratis. Untuk keterangan selengkapnya dapat diperoleh di www.adgibali.blogspot.com

Foto foto : Adgi Bali Chapter & Ayip

Advertisements