Tags

, , , ,

adgi-zoom-in-2dday

Oleh Wibowo. UltimoParadiso

Asosiasi Desain Grafis Indonesia (ADGI ) Chapter Bali untuk kedua kalinya menggelar acara seminar “Zoom In” dengan tema “lebih jauh mengenal visual branding”. Acara “Zoom In” ini dilangsungkan di gedung kampus New Media pada tanggal 9/11/08. “Zoom In” merupakan agenda lokomotif ADGI Bali dimana pada acara tersebut diungkap sebuah  proyek oleh prefesional designer sebagai  studi kasus  yang sangat bermanfaat  menambah referensi  desainer lainnya.

ADGI Chapter Bali sendiri merupakan organisasi profesi yang dibentuk tiga bulan lalu, dimana anggotaanya adalah para desain grafis di Bali. Tujuan dari ADGI Bali sendiri adalah untuk memberikan wadah para desain grafis di Bali untuk bisa bertukar pikiran dan menjalin persahabatan antar desainer yang pada akhirnya bisa memajukan industri desain grafis di Bali. Menurut Ade Adinata ketua ADGI Bali anggota yang terdaftar saat ini tidak kurang dari 60 orang.

Pada acara seminar “Zoom In” kali ini menghadirkan pembicara Danton Sihombing, tokoh desain grafis nasional dari Inkara Design yang juga ketua ADGI Nasional dan selaku moderator menghadirkan Arief “Ayip” Budiman, creative director Matamera Communications, tokoh desain grafis yang tidak asing lagi di Bali.

Tidak kurang dari 50 peserta yang hadir dalam seminar tersebut mencermati pemaparan mengenai visual branding. Danton Sihombing selaku narasumber yang menyajikan 3 case study ini mengungkapkan,”Dalam membuat visual branding (logo) suatu produk terlebih dahulu harus mempersiapkan konsep yang matang. Membuat konsep harus dibarengi dengan pembelajaran secara mendalam terhadap produk tersebut agar mendapatkan suatu karya yang tidak hanya enak dipandang tetapi mempunyai makna yang mewakili produk atau perusahaan tersebut. Jadi seorang desainer grafis selain dituntut bisa membuat karya desain yang bagus harus juga dibekali dengan pemikiran yang cerdas mengenai berbagai hal” terangnya. Acara Zoom In Adgi Bali Chapter ini selain diikuti oleh para desainer dan mahasiswa desain grafis di Bali juga dihadiri oleh peserta yang mewakili pengguna jasa desain termasuk ketua Asosiasi Villa di Bali Bapak Ismoyo dan peminat visual branding lainnya.

Seminar “Zoom In” yang berlangsung 3 jam ini juga diisi dengan tanya jawab para peserta seminar mengenai visual identity dan branding baik secara perwajahan maupun konsep dan strateginya.  Acara berakhir pada jam 8 malam dengan diakhiri acara ramah tamah anggota ADGI Bali.

keterangan lebih lanjut hubungi:
Wibowo: 0361-8517711