Tags

, ,

bali-blogger-award

Sejumlah blogger dari negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura ikut hadir dalam ajang kopi darat akbar Pesta Blogger 2008 di Gedung BPPT, Thamrin, Jakarta, Sabtu (22/11). Selain mengangkat tema Blogger For Society, diluncurkan juga Bloggership yaitu penghargaan/beasiswa untuk menulis isu-isu mengenai potensi yang bisa dikembangkan Indonesia meliputi transformasi pendidikan, ketersediaan pekerjaan dan kesempatan, serta inovasi lokal.

Bali Blogger Community yang menjadi bagian dari Blogger Indonesia mendapat penghargaan “The Most Promising Blogger Community in 2008” atas upayanya dalam membuat banyak aktifitas sosial dalam usianya yang relatif baru. Bersama dengan Bali Blogger Community, CahAndong (http://cahandong.org/) terpilih sebagai penerima penghargaan Blogging for Society Award 2008. Berikut adalah petikan berita dari Tempo Interaktif:

Dua Komunitas Blogger Raih Penghargaan

Sabtu, 22 November 2008 | 15:52 WIB

TEMPO Interaktif, Jakarta: Pesta Blogger 2008 turut diramaikan dengan pemberian penghargaan. Namun, tidak seperti tahun lalu, penghargaan kali ini tidak diberikan untuk perseorangan, tapi pada komunitas blogger.

“Ini seiring dengan tema tahun ini ‘Blogging for Society’,” ujar panitia acara yang juga dijuluki Bapak blogger, Enda Nasution, Sabtu (22/11).

Penghargaan diberikan pada komunitas blogger yang telah memberikan dampak positif di lingkungan masing-masing.

Blog komunitas asal Yogyakarta, CahAndong (http://cahandong.org/) terpilih sebagai penerima penghargaan Blogging for Society Award 2008. Menurut Enda, blog yang online sejak 1 November 2006 ini paling aktif mengadakan kegiatan, termasuk pelatihan blog ke sekolah – sekolah.

Sementara itu, komunitas blogger Bali (http://baliblogger.org/) mendapat penghargaan The Most Promising Blogger Community 2008 atas perkembangannya yang pesat. “Mereka baru terbentuk saat pesta blog tahun lalu,” ujar Enda.

Dalam satu tahun, komunitas yang terbentuk 11 November 2007 ini mampu melakukan banyak kegiatan untuk masyarakat. Pemenang mendapatkan hadiah uang tunai sepuluh juta rupiah dari Oxfam dan satu unit komputer.

Penghargaan ini diharapkan dapat merangsang banyak komunitas blog terbentuk. Dengan banyaknya komunitas perubahan di masyarakat lebih cepat terjadi.

“Komunitas menjadi jembatan antara apa yang ditulis dengan dunia nyata,” ujarnya. Menjadi blogger membuat orang lebih terbuka untuk bertukar pikiran dan tidak apatis. “Blogger dilatih untuk inisiatif dengan lingkungannya,” kata dia.

Vennie Melyani