Tags

, ,

Senin 12 January 2009 bertempat di Mahapala Villa Sanur, Komunitas Kreatif Bali di hadapan media berbagi soal programnya di tahun 2009 dan memberkan laporan kegiatan tahun 2008. Ayip mewakili Komunitas Kreatif Bali memaparkan aktifitas yang telah dilakukan selama 2008 termasuk penyelenggaraan Bali Creative Power yang dilaksanakan 29 November tahun lalu. Sementara untuk Program 2009 ada dua program initi selain pemetaan industri kreatif juga mengajak komunitas kreatif yang ada untuk bergabung.

Tahun ini banyak agenda yang akan dilakukan dan diikuti oleh KKB dengan pemerintah kota Denpasar misalnya selain turut dalam proses “Denpasar Kreatif City” yang merupakan program Pemkot Denpasar dengan British Council yang merupakan program jaringan creative city di Asia. Dengan kalangan bisnis dan swasta akan mengkampanyekan “Proud with local brand” dalam rangka Bali menciptakan banyak brand baru yang berkualitas juga program creative entrepreneur. Sedangkan dengan komunitas ingin lebih memajukan program-program komunitas yang sudah ada agar lebih baik dan memiliki manfaat bagi audiencenya. Dengan komunitas juga berencana mengembangkan tempat-tempat aktifitas seni dan kreatif yang telah ada menjadi semacam kreatif cluster yang dapat menampung banyak aspirasi kreatif warga dan pelajar disamping kalangan kreatif dari berbagai disiplin. Sementara dengan kalangan pendidikan dan institusi pendidikan ingin membuat program guest lecture bekerjasama dengan para prefesional di bidang seni dan kreatif termasuk program kampanye profesi kreatif di sekolah SMA maupun SMP.

Acara besarnya tetap akan menggunakan nama Bali Creative Power yang akan menampilkan kenferensi dan seminar kreatif, aneka aktifitas kreatif, lomba dan kontes untuk pelajar, mahasiswa dan umum, pameran produk kreatif, dll. Rencananya aktifitas ini akan diselenggarakan bulan Juli 2009.

Yoke Darmawan dari Komunitas Kreatif Bali juga secara khusus mempresentasikan program Creative Entrepreneur Forum yang akan mulai diaktifkan bulan April 2009. Creative entrepreneur adalah sebuah model dimana menjadikan karya seni dan kreatifitas memiliki daya jual dan nilai ekonomi disebabkan perlakuan yang diberikan oleh pembuatnya. Entrepreneurship menjadi sebuah hal penting yang merupakan atribut yang harus dimiliki oleh para insan kreatif untuk lebih mandiri dan pro aktif sehingga menjadi sebuah profesi yang penting dan bernilai.

Komunitas Kreatif Bali juga kepada media menyampaikan bahwa media adalah bagian dari insan kreatif seperti yang tercantum dalam 14 spektrum kreatif Indonesia dimana media dan penulisan menjadi salah satu bidang kreatif yang perlu dikembangkan. Berkaitan dengan hal tersebut KKB membuka Creative Writing Award mengenai aktifitas Komunitas Kreatif di Bali yang dibuka dari Januari hingga April 2009. Secara langsung tulisan yang dimuat di media adalah peserta dari Creative Writing Award ini dan pada prosesnya akan menjadi penilaian serta referensi tim juri yang dibentuk oleh KKB.

Informasi lebih lanjut silahkan hubungi info@balicreativecommunity.org