Tags

, , ,

odfm
Yayasan One Dollar For Music akan menggelar acara Young Sounds of Bali yaitu final dari festival suara anak muda Bali yang diekspresikan dalam bentuk komposisi musik atau pertunjukan. Ide awal proses kreativitasnya diharapkan didapat dari kesadaran menangkap bunyi yang ada di lingkungan remaja. Dalam bentuk akhirnya tidak menutup kemungkinan juga untuk memadukannya dengan unsur – unsur disiplin seni lainnya seperti seni rupa, seni tari, videografi, dll.

Para finalis yang terseleksi adalah mereka yang telah melalui tahapan penilaian pada audisi 8 besar yang dilakukan di Sanur beberapa waktu lalu, ke 8 grup yang terpilih itu diantaranya :

1. Rwa Bineda
2. D’Chellzeus
3. Whisper From My Heart
4. Hozhi
5. Basic
6. Mississippi
7. Where Is Eddie
8. 4 Sum 1

Ke 8 grup ini akan menjadi bagian acara Grand Final Young Sounds of Bali yang akan digelar dalam acara festival 2 hari bertempat di Art Center – Kesirarnawa, Denpasar dengan agenda :
20 Februari 2009 : Festival seni dengan aneka lomba, workshop dll.
21 February 2009 : GRAND FINAL YOUNG SOUNDS OF BALI

Yayasan One Dollar For Music adalah sebuah organisasi non profit yang bertujuan mendorong potensi kreatif anak muda indonesia dan memperkuat identitas budaya lewat musik dan seni kreatif.
Organisasi ini mempunyai misi kreatifitas berkesinambungan, pada akhir tujuan dari semua program diharap mampu menjadikan kekuatan ekspresi kreatif menjadi budaya anak muda indonesia dan mampu berdialog setara dengan budaya global meskipun dengan perbedaan budaya atau kebangsaan.

Yayasan ini sejak tahun 2007 sudah mulai melakukan kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan pengembangan musik. Mulai dari proyek kecil, langkah demi langkah terus dilakukan untuk merealisasikan proyek – proyek yang semakin besar. Pada tahun 2007 yayasan OneDollarForMusic telah sukses dengan ABG Karet Band dan Rock Gamelan.

Young Acoustic Composers
Tahun 2008 ada 2 proyek yang telah maupun masih berjalan.Young Acoustic Composers (YAC) merupakan festival cipta lagu akustik, untuk anak muda usia 15-23 tahun. YAC berlangsung sejak bulan Januari dan berakhir bulan Juli. Setiap kegiatan yang dilakukan yayasan bukan saja sekedar kompetisi, tapi lebih kepada proses bermusiknya. Sebelum kompetisi dimulai, juga dilakukan workshop (cipta lagu) ke beberapa sekolah di sekitaran denpasar.
Puncaknya adalah pada tanggal 19 Juli dengan diadakannya Grand Final “Young Acoustic Composers” bertempat di Lazer Sport & Bar, Sanur. Di sana ditampilkan 5 band yang telah lolos audisi. Airplane band keluar sebagai juara pada Young Acoustic Composers 2008.
Young Sounds Of Bali akan terus melakukan aktifitasnya dengan agenda yang diproyeksikan secara jangka menengah dan panjang. Dengan wadah seperti ini diharapkan anak – anak muda di Bali dapat berkreativitas tanpa batas sesuai dengan filosofi yayasan yaitu membantu anak muda dengan proses kreatif yang berkelanjutan (sustainable creativity). Ingin mengetahui lebih banyak tentang kiprah yayasan ini ? Silakan langsung ke www.onedollarformusic.com