Tags

, , ,

posterkmdgi81
Mahasiswa Desain Komunikasi Visual ISI (Institut Seni Indonesia) Denpasar akan berangkat ke kota Solo untuk bergabung dengan mahasiswa Desain Grafis se-Indonesaia dalam acara Kriyasana Mahasiswa Desain Grafis Indonesia (KMDGI) ke-8. Acara ini merupakan wadah atau forum komunikasi mahasiswa Desain Grafis atau Desain Komunikasi Visual seluruh Indonesia. Mereka berkumpul untuk mengamati, menganalisa, mencoba untuk memahami beragam permasalahan yang muncul di lingkungan sekitar mereka, yang nantinya diharapkan mampu memunculkan ide-ide segar dalam berkreasi dan berapresiasi di dunia Desain Komunikasi Visual.

Forum KMDGI ini telah dimulai sejak 1993, pada mulanya hanya beranggotakan 6 Perguruan tinggi di Indonesia, yakni Universitas Trisakti, IKJ, ITB, ISI Yogyakarta, Universitas Sebelas Maret Surakarta dan Universitas Udayana Bali, kini forum ini telah beranggotakan 30 perguruan tinggi seluruh Indonesia.

Mahasiswa Desain Komunikasi Visual ISI Denpasar menghadiri acara ini dengan membawa misi perkembangan desain dan karya yang akan diperbandingkan sebagai studi dengan karya mahasiswa lainnya dalam sebuah pameran. Selain itu menu acara selain pameran adalah sarasehan, workshop dan seminar dengan pembicara Andi S. Budiman-Admire, Djoko Hartanto-Majalah Concept, Irfan Sutikno-Freshblood Indonesia, Aristantono-Dwi Sapta Advertising dengan moderator M. Arief Budiman-Petakumpet dan Bambang Nugroho-Pengajar FISIP UNS Solo.

Sebagai forum tingkat Nasional, KMDGI bertujuan untuk menampung aspirasi-aspirasi mahasiswa dalam menyuarakan semangat perkembangan dunia Desain Komunikasi Visual, terutama yang berkaitan dengan penggalian potensi budaya lokal. Karena dengan sadar mahasiswa tahu bahwa mereka merupakan elemen terpenting dalam setiap pengembangan ilmu pengetahuan dan tekhnologi, juga dalam seni dan budaya. Diharapkan nantinya mampu berperan serta aktif dalam pengembangan aset budaya bangsa.

Melalui Forum KMDGI VIII inilah diharapkan mahasiswa mampu menjadi ujung tombak pergerakan dunia Desain Grafis / Komunikasi Visual di dalam menyikapi permasalahan komunikasi global ataupun lokal dan coba menawarkan sebuah efektifitas dan efisiensi pemikiran serta media yang bermutu, relevan, efektif dan efisien, mampu diadaptasi dan diterima oleh masyarakat luas. Realisasi Forum KMDGI guna mendukung tujuan tersebut antara lain melalui pengadaan Seminar, Workshop dan event Pameran.

Selamat dan sukses delegasi Mahasiswa Desain Komunikasi ISI Denpasar dan semoga mampu menggugah teman temannya untuk berlomba dengan kreatifitas terbaik.