Salah satu asosiasi profesi tertua di Indonesia barangkali adalah Perusahaan Persatuan Periklanan Indonesia atau PPPI. Lewat Kongresnya di Bandung Desember lalu, tepat dengan usianya yang ke 30 banyak melakukan pembaruan organisasi secara mendasar yang diantaranya dituangkan dalam visi yang baru serta revisi AD & ART.

Kiprah PPPI setelah Kongresnya di Bandung salah satunya merespon status periklanan dalam kerangka program kreatif ekonomi Indonesia. PPPI mengundang Ibu Mari E. Pangestu untuk mempresentasikan program Kreatif Ekonomi Indonesia dalam sebuah luncheon meeting Pengurus PPPI beserta para pengurus daerah pada bulan Desember 2008. Dalam laporan dan presentasi kreatif ekonomi oleh Menteri Perdagangan Mari E. Pangestu, periklanan menjadi salah satu kontributor terbesar industri kreatif Indonesia bagi perekonomian Negara.

PPPI memiliki kepengurusan daerah dengan mewadahi aktivitas perusahaan periklanan dalam lingkup provinsi. PPPI Pengurus Daerah Bali adalah salah satu Pengda yang langsung merespon arah perubahan mendasar dari Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia (PPPI) ini.
Melalui spirit ini, PPPI Pengurus Daerah Bali melakukan dinamika organisasi dengan memasuki masa kepengurusan baru yang memiliki program lebih baik. Setelah melalui proses pertanggung jawaban pengurus PPPI Pengda Bali periode 2005-2008 pada acara Konferda PPPI Pengda Bali dan diadakan pemilihan pengurus baru periode 2008-2012 dengan terpilihnya para pengurus :
Ketua Umum : Roy G. Wicaksono – Mitra Ad
Sekretaris : Christine Dewi – Starindo Advertising Bali
Bendahara : IGN Kade Dwi Putra Prihartana SE – Bendkel Ad
Bidang Usaha : A. A. Made Gede Sudiadnyana –
Bidang Informasi & Komunikasi : Arief Budiman – Matamera Communications
Bidang Kemitraan : Herry Arianto – Art Vision Bali

Roy G. Wicaksono dalam pemaparan singkatnya mengenai program organisasi menyampaikan beberapa konsentrasinya sebagai prioritas program dengan mengutamakan pembenahan dan peningkatan fungsi organisasi, penajaman program ekonomi kreatif melalui kerjasama dengan pemerintah, komunitas kreatif dan asosiasi lain, Mengkontribusikan keahlian bagi masyarakat dan pemerintah serta memajukan usaha para anggotanya.