lumonata_01
Search Engine selain sebagai fungsi dasarnya untuk melakukan pencarian informasi, saat ini juga banyak di gunakan sebagai media marketing non-tradinional. Google adalah salah satu Search Engine terbesar dan yang paling banyak digunakan saat ini. Karena semakin banyakknya perusahaan – perusahaan saat ini yang sudah mulai memperhatikan betapa pentingnya melakukan marketing secara online, maka SEO (Search Engine Optimization) mau tidak mau harus menjadi salah satu bagian dari trik marketing yang harus dilakukan.

Untuk menguji kemampuan dalam SEO, ada beberapa kontes yang biasanya dilakukan. Salah satunya adalah sebuah kontes berskala internasional yang diselenggarakan oleh sebuah perusahaan dari Australia. Di mulai pada bulan Oktober tepatnya tanggal 1 Oktober 2008, kontes ini memperebutkan posisi pertama di mesin pencari Google dengan kata kunci yang telah di tentukan yaitu “Busby SEO Test”.

Lebih dari 600 peserta yang berasal lebih dari 50 negara menguji kemampuannya pada kontes SEO ini. Waktu untuk setiap peserta mengomptimasi website mereka masing – masing adalah 4 bulan. Jadi kontes ini telah berakhir pada tanggal 31 Januari 2009 kemarin. Kententuan pemenangnya adalah yang berhasil mendapatkan posisi pertama di Google.com dengan kata kunci “Busby SEO Test”. Jika website dari salah satu peserta berhasil mendapatkan posisi pertama dengan kata kunci tersebut pada tanggal 31 Januari 2009, maka mereka berhak mendapatkan hadiah sebesar USD 5000.

Pada akhir kontes, salah satu kontestan dari Indonesia, Lumonata, secara mengejutkan berhasil memenangkan kontes tersebut. Lumonata digawangi oleh Wahya (www.wahya.biantara.com), Agus Setiawan (www.itanggu.net), Simon (www.toppedia.com) dan juga Purwa (www.wajog.deviantart.com) dan satu team tambahan yaitu Brokencode (www.brokencode.biz). Selain sebagai pemenang utama, Lumonata juga berhasil memenangkan salah satu kategori lain yaitu “Most Creative Content” dengan sketsa-sketsa yang dibuat untuk menggambarkan ketatnya persaingan menjelang akhir kontes.

Sebagai perwujudan rasa terima kasih kepada teman-teman dan blogger-blogger yang telah memberikan dukungannya, Lumonata telah mengadakan acara syukuran yang dilakukan pada tanggal 15 Februari 2009 lalu, sebelum dan sesudah acara tersebut juga Lumonata mengunjungi sebuah panti werdha di daerah Ketewel dan sebuah panti asuhan di Jl. Cokroaminoto dan memberikan sumbangan yang disisihkan dari hasil kemenangan yang telah diraih.