Tags

, , , , , ,

creative-cebu
Jeff Kristianto dari Komunitas Kreatif Bali bertolak ke Cebu Filipina pada Selasa 2 Maret 2009 untuk menghadiri deklarasi kota Cebu sebagai Creative City sekaligus bertemu dengan delegasi creative entrepreneur network dari negara lainnya atas undangan dan inisiatif British Council.

Dari Indonesia selain Jeff sebagai delegasi adalah M. Arief Budiman dari Yogyakarta, M. Ridwan Kamil dan Daniel dari Bandung. Perwakilan dari 3 kota di Indonesia ini tak lain adalah jejaring komunitas kreatif di Indonesia yang telah terbentuk setahun belakangan sebagai upaya dan inisiatif merespon pembangunan industri kreatif yang sedang digencarkan di Indonesia. Wakil dari Indonesia ini akan berjumpa dengan creative entrepreneur dari Jepang, Malaysia, New Zealand, Taiwan, Vietnam, China & Inggris.

creative-cebu-poster

Jeff dan delegasi lain dari Indonesia akan mengikuti rangkaian acara Creative Cebu Conference dan Creative Cebu Design Festival dengan beberapa agenda konferensi yang membahas soal creative city yaitu “Introduction to the concept of a creative city in relation to the creative economy”, “What makes a creative city? What kind of activities supports the creative city and how do we sustain it?” juga workshop “Sustaining the creative entrepreneur network – possible outputs and interaction with the rest of the CE’s from the region “ dan “Talk by creative entrepreneurs from the region” yang akan menghadirkan pembicara creative entrepreneurs dari Asia termasuk Jay Aldeguer dari Filipina dan Ridwan Kamil serta Fiki Satari dari Bandung, Indonesia. Selain itu delegasi juga akan meninjau Cebu X furniture exhibition dan Tubodfest termasuk beberapa tempat cluster creative serta diskusi bersama delegasi creative entrepreneurs network dari Asia Tenggara lainnya.

Jaringan kota kreatif di Asia bersama jaringan creative entrepreneurs dibina oleh British Council sebagai jejaring internasional yang memungkinkan tersalurnya pertukaran pengalaman dan pengetahuan dalam industri serta bisnis kreatif yang dapat melahirkan peluang business to business relationship guna menunjang suksesnya program creative economy bagi masing-masing Negara atau wilayah yang sudah mencanangkannya.

Di Indonesia, Bandung telah mendeklarasikan sebagai creative city pada bulan Agustus 2009 dan kini Denpasar tengah bersiap menjadi bagian jejaring creative city. Guna menuju program ini beberapa kesiapan telah dilakukan Pemkot Denpasar dengan mengajak masyarakat dan komunitas pro aktif terlibat di dalamnya.