gitabali

Kecanggihan teknologi internet kini membuat semeton Bali di seluruh dunia akan merasa lebih dekat dan terhibur dengan munculnya Gita Bali, sebuah website streaming radio yang khusus menyajikan lagu lagu Bali. Adalah semeton Bali G Budhi W di Hamilton Bemuda Island – British Overseas Territory dan M Jack S di Lakeland Florida, USA yang bersama dengan teman lainnya menggagas Gita Bali sebagai radio komunitas.

Teknologi yang memungkinkan pengoperasian radio dengan biaya dan infrastruktur fisik minim ini dikelola secara bersama sebagai dedikasi bagi kebersamaan dan kecintaan pada Tanah Bali. Dengan demikian secara operasional, Radio Gita Bali dilakukan sebagai ngayah alias volunteering. Semangat dan dukunganpun bermunculan dari berbagai penjuru, kini Gita Bali punya beberapa wadyabala penyiar yang mereka sebut sebagai DJ. Semua DJ Gitabali.com adalah DJ volunteer, yang direkrut melalui pengumuman di website dan ditentukan oleh Tim Ide & Kreatif Gitabali.com. Tak ada syarat macam-macam, karena ini bukanlah radio komersil, dan diusakahan agar DJ-nya memiliki pengetahuan dan meyukai musik-musik Bali serta semaksimal mungkin agar menggunakan Bahasa Bali disaat melaksanakan aktifitas sebagai DJ.

Sampai saat ini baru ada 11 DJ di Gitabali.com dengan berbagai latar profesi dan posisi yang semuanya bekerja di luar negeri. Ada waiter, housekeeper, cashier, caregiver, teknisi otomotif, teppanyaki chef, dan spa therapist.

Mereka adalah:

1. DJ DeBudhi, DJ Deddy dan DJ Putra (Hamilton Bermuda Island, British Overseas Territory)
2. DJ Kresna (Takasaki, Jepang)
3. DJ Made Jack (Florida, USA)
4. DJ Yan Sam dan DJ Dek Roy (Los Angeles, USA)
5. DJ Tut Nata (Tennessee, USA)
6. DJ Arik & DJ Tut Nik (Guam)
7. DJ Cohan (Vancouver, Canada)
8. DJ Tu Eka (Serneus Klosters, Switzerland)

Ditambah satu hostess (penyapa tamu di chatroom/bale banjar Gitabali.com) yakni Meme Jegeg, seorang bule Amerika yang sedang belajar Bahasa Bali.

Untuk proses streaming Gitabali.com melalui shoutcast hanya memerlukan seperangkat computer dengan headset/microphone dan tak kalah pentingnya adalah high speed internet connection.

Gita Bali ditunjang oleh keberadaan situs http://www.gitabali.com dengan salah satu fitur yang paling menarik selain streaming musik-musik Balinya adalah “chatroom/bale banjar Gitabali.com”. Fitur ini baru saja berjalan dan telah menjadi media komunikasi, perkenalan dan pertemuan (di dunia maya) bagi krama Bali baik di Bali maupun di rantau.

Rencananya fitur-fitur yang lain akan segera ditambahkan seperti berita/info terkini artis Bali, blog dan profile pribadi pendengar sekaligus upload photo masing-masing, menambah teman dan fitur event serta widget Gitabali.com.

Sebagai statistik pendengar selama tiga bulan pertama, setiap harinya disimak oleh sekitar 100-200 orang, dengan pendengar antara 20-25 orang dalam waktu bersamaan. Hingga saat ini biaya operasional Gitabali.com yang terbesar masih untuk pengembangan dan pemeliharaan website. Sejauh ini segala biaya-biaya itu sebagian besar di tanggung patungan oleh pendiri ditambah dana punia (sumbangan) dari donatur yang bisa dilihat di website Gitabali.com

Gitabali Top Ten Hits
1. Jero Gde – Joni Agung
2. Hayal selantang peteng – Tanakung
3. Kapal terbang – Raypeni
4. Ceca juga manusia – Nanoe Biroe
5. Suwir wir mesuwir – Jaya Pangus
6. Kalain Nyama – Lolot
7 Bulan Bintang – D Ubud N Band
8 Ngalih Sentana – Ary Kencana
9. Anak kost – Nanoe Biroe
10.Bobo yuk bobo – Lolot