Tags

,

Minikinoinfo-1

Minggu, 28 Juni 2009, 15:00 WITA
Mini Hall Griya Musik Irama Indah
Jl. Diponegoro 114
Denpasar – Bali
tel/fax: (0361)226886 / (0361)237567

Film dan Diskusi: Peran Adat Dan Tradisi Dalam Perkawinan

Film:
“Bride Kidnapping in Kyrgyzstan”
Durasi 51 menit
Bahasa Rusia/Kyrgyz dengan subtitle Indonesia
Sutradara Petr Lom
Kairgul menunggu bus sekolah. Dia tidak mencurigai laki-laki yang berdiri di trotoar, yang dalam sesaat mendorongnya masuk ke mobil dan menculiknya. “Saya tidak mau terlambat sampai di sekolah”, teriak Kairgul. “Sekolahmu sudah usai”, jawab laki-laki. Di Kyrgyzstan, pecahan Uni Soviet, para lelaki menculik perempuan bila mereka tidak bisa membayar mahar. Separuh perkawinan di sana disertai oleh penculikan yang hanya dikehendaki pihak laki-laki. Kadang penculikan berakhir tragis dengan kematian pihak perempuan.

“Uang Naik”
Durasi 28 menit
Bahasa Indonesia dengan dialek Bugis/Makassar
Sutradara Ulfiani
Menikah bukanlah hal yang mudah, karena bermodalkan cinta tidaklah cukup! Mengangkat kisah Rio, pemuda Makassar, yang gagal menikah dengan kekasihnya akibat tidak dapat memenuhi kewajiban ‘Uang Naik’ sesuai keinginan keluarga kekasihnya

Topik Diskusi:
Di setiap lini keseharian kita, tak terasa adat dan tradisi menempati peran yang tidak kecil. Hal ini tak semata terjadi di masyarakat pedesaan yang hidup jauh dipelosok, namun juga mengatur berbagai event penting dalam kehidupan masyarakat kota. Tidak hanya terjadi di Indonesia, tetapi juga berlangsung di ‘masyarakat barat’ yang dikenal moderen. Perkawinan merupakan salah satunya. Betulkah bagi masyarakat kota yang katanya moderen dan rasional, perkawinan semata urusan dua insan yang sedang dimabuk asmara? Sejauh apa adat dan tradisi dari masing-masing suku bangsa nyata hadir, mengatur dan bahkan membuat banyak pihak tidak berdaya?

Programmer: In-Docs
=====================================
pemutaran terbuka – tidak dipungut biaya
harap datang 15 menit sebelumnya
m i n i k i n o – your healthy dose of short films
http://minikino.org
info@minikino.org
Jl. Diponegoro 114
Denpasar, Bali 80113
Indonesia
P/F +62-361-237567