Tags

,

Obral2

OBRAL alias Obrolan Rabu Malam adalah acara nyantai sharing dengan tamu yang mencerahkan, plus ada obral beneran barang dan karya para seniman maupun desainer. Acara yang baru dimulai bulan Juni lalu kini memasuki penyelenggaraan yang kedua. Entah bagaimana tamu OBRAL kali ini adalah orang-orang istimewa yang berjiwa “biasa” (Soalnya mau jadi tamunya OBRAL). OBRAL #2 ini akan diadakan di pelataran kantor Matamera Communications di Jalan Imam Bonjol 467 pada hari Rabu, 1 Juli 2009 mulai pukul 7 malam.

Siapakah tamu OBRAL? Yang pertama adalah Armenia Nercessian de Oliveira, yang karena kegigihannya membangun sesama sampai memiliki banyak predikat: dotcom eksekutif, mantan pejabat PBB, promotor di dunia seniman dan artisans, begar traveler, troubleshooter dan banyak lagi. Siapakah dia ini?

Novica

Armenia Nercessian de Oliveira awalnya bekerja untuk PBB selama 16 tahun, selama itu ia berkesempatan mengunjungi banyak Negara dan melihat potensi yang terserak dan merasa perlu mendapat perhatian serius. Atas kegelisahannya, ia menggagas Novica.com yang didirikannya pada tahun 1998, Novica.com adalah online marketplace terkemuka yang menghubungkan konsumen di seluruh dunia secara langsung dengan lebih dari 1.700 artis dan hasil karyanya di seluruh dunia terutama di Negara berkembang. Melalui situsnya Ia memberikan kesempatan artis-artis dan pengerajin yang tinggal di remote area sekalipun untuk menjual karyanya secara langsung kepada konsumen di seluruh dunia. Dan para pembeli tidak hanya membeli karyanya begitu saja, di website Novica.com dapat mengenali siapa pembuatnya.

Buah dari upayanya yang unik ini menjadikan Novica.com digandeng National Geographic untuk berasosiasi. Apalagi Novica.com kini memilki produk baru The Wander Woman’s Expedition yang merupakan konsep exotic travel adventure dengan membawa tamunya ke pilihan tempat terpencil di 39 negara, termasuk bertemu dan berdialog dengan artis atau pengerajin yang ada dalam jaringan Novica.com

Bali adalah salah satu jaringan dari Novica.com, kesempatan kunjungannya kali ini didaulat untuk ngOBRAL. Makanya ang datang ke OBRAL akan sangat istimewa dapat langsung bertanya dan bertatap muka dengan “Diva Adventure” yang hidupnye penuh dengan pengalaman dan nilai-nilai hidup ini. Mau?

Tamu OBRAL lainnya adalah Prof Dr Ir Dewa Ngurah Suprapta MSc, dari gelarnya jelas dia adalah orang “pintar” yang juga dosen terbang pada empat universitas di Jepang. Prestasinya luar biasa, Dewa Suprapta menghasilkan biopestisida yaitu Persada dan Loca untuk mengendalikan penyakit layu pisang dan penyakit busuk batang panili. Terakhir ia juga menghasilkan wine, sirup berbahan baku ubi jalar ungu. Suprapta merintis pengolahan aneka umbi-umbian menjadi tepung untuk selanjutnya dibuat menjadi mie, roti, kue atau es krim. Bahkan yang terakhir penelitiannya menjadikan umbi ungu menjadi minuman khas berwarna ungu yang dapat diolah dalam berbagai jenis baik berupa sirup maupun yang mengandung alcohol. Produk ini siap dikemas dan di branding untuk sebesar-besarnya memberikan manfaat ekonomi.

Dewa-Suprapta

Prestasinya yang lain adalah Produk penelitian yang sudah dimanfaatkan masyarakat yaitu dua buah pestisida nabati yang dinamakan Biota-L dan Frontir. Keduanya sudah memiliki hak paten dari Departemen Kehakiman RI.  Jangan heran jika dengan prestasinya ini ia mendapat penghargaan  ”Satya Lencana Pembangunan” dari Presiden RI, Penghargaan Dosen Teladan dan Dosen Berprestasi tingkat Nasional dan Anugerah Kalpataru untuk kategori Pembina Lingkungan. Di Obral ia tidak hendak mengobral kepintarannya, namun ingin dialog dan sharing dengan bidang keilmuan dan profesi lain, yang barangkali akan bermanfaat pada pengembangan penemuan-penemuannya. Kalau semua dosen seperti ini kira-kira Bali akan menjadi bagaimana ya?

Tamu lainnya lagi adalah Dr. Ir. Putu Dana Pariawan Msc. Beliau adalah Direktur Politeknik Bali yang punya peran besar mencetak sumber daya insani Bali yang siap pakai. Mau memberikan usul, membantu memikirkan teknologi informasi yang tepat untuk mekanisme tenaga kerja, atau apa saja silakan. Tamu-tamu OBRAL siap nyantai dan ngobrol secara mutual.

Bagi yang mau ikut dalam obral barang atau karyanya dipersilakan. Kami hanya menyediakan minuman hangat. Kudapannya silakan membawa sendiri. Mau pisang goring 10 biji boleh, mau kue apem 20 buah juga boleh, Mau bawa nasi jinggo 15 silakan. Pokoknya ini togetherness yang seru. Acara ini dipersembahkan oleh Bali Creative Community untuk kita semua. Datanglah….