Tags

Grafis-Melawan-Lupa

Kawan kawan Komunitas yang baik,
Berasama ini kami mengundang anda untuk hadir dalam pameran “Grafis Melawan Lupa”, yang akan kami adakan tanggal 3-7 Juli 2009 di Taman Ismail Marzuki, Jakarta. Pamerannya adalah sebagai berikut:
Grafis Melawan Lupa
Pameran Media Kampanye Masyarakat Sipil tentang
Pelanggaran HAM Masa Lalu

Pameran ini adalah salah satu kegiatan dalam gerakan kebudayaan untuk: mengingat berbagai tragedi kemanusiaan yang telah terjadi, cita-cita perjuangan Reformasi, dan peristiwa penting HAM lainnya, untuk terus menghidupkan cita-cita keadilan yang telah disuarakan sejak tahun 1998.
Sejak masa otoritarianisme Orde Baru hingga momen gerakan Reformasi 1998, ratusan bahkan mungkin ribuan media kampanye, seperti poster, t-shirt, sticker, majalah, dan buku, untuk mendukung kampanye penyelesaian kasus-kasus pelanggaran HAM telah diproduksi oleh berbagai kelompok; baik organisasi HAM, kelompok seniman, kelompok korban, dan organisasi perempuan. Mulai dari isu kekerasan politik, kebebasan berorganisasi dan berekspresi, hak kaum buruh, hak perempuan, dan kemiskinan diangkat oleh masyarakat.
Pameran ini diselenggarakan sebgai upaya untuk mengingat kembali apa yang menjadi semangat dan tuntutan masyarakat tentang keadilan di masa lalu melalui pameran ekspresi budaya visual dari media grafis.

Galeri Cipta II – Taman Ismail Marzuki
Jakarta, 3 – 7 Juli 2009

Agenda Acara:
1.    Diskusi publik “Generasi Muda Bicara Masa Lalu”
Tanggal: 4 Juli 2009
Waktu     : 14.00- selesai
Pembicara: Nicholas Saputra, Mira Dyarsi, Nia Dinata (Tentative)
Fasilitator: Ibe Karyanto
Pada diskusi ini generasi muda memiliki kesempatan untuk mengungkapkan bentuk-bentuk ketidakadilan yang mereka alami di masa kini serta ingatan mereka akan berbagai peristiwa masa lalu, baik yang mereka alami secara langsung maupun melalui media-media lain.
Narasumber dari berbagai latar belakang profesi dan bidang akan berbagi pengalaman keterlibatannya dalam berbagai persoalan social, ekonomi, politik atau kebudayaan yang berhubungan dengan persoalan ketidakadilan atau pelanggaran HAM masa lalu. Melalui pengalaman-pengalaman tersebut kita akan melihat bagaimana usaha pelupaan secara sistematis oleh Negara dibangun, bagaimana pengaruhnya terhadap kehidupan masyarakat sehari-hari dan bagaimana para narasumber tersebut menyikapinya melalui kerja-kerja kebudayaan yang telah dilakukan.
Fasilitator akan merumuskan benang merah antara ungkapan pengalaman para peserta dengan pemaparan narasumber. Benang merah ini dimaksudkan untuk memperlihatkan bahwa pelanggaran HAM dan ketidakadilan di masa lalu terus mempengaruhi kehidupan masyarakat Indonesia hingga saat ini melalui berbagai praktik ketidakadilan serta represi Negara. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk selalu mengingat dan mendorong penyelesaian pelanggaran HAM masa lalu, agar praktik-praktik ketidakadilan tidak terus berlanjut. Di sinilah pentingnya peran generasi muda.

2.    Diskusi “Inisiatif-inisiatif Melawan Lupa”
Tanggal: 5 Juli 2009
Waktu: 14.00- selesai
Pembicara: Hafiz, Propagraphic, Fitri Ngantiwani
Moderator: Mirwan Andan
Diskusi ini akan mengungkapkan berbagai usaha melawan pelupaan yang telah dilakukan oleh masyarakat melalui media audiovisual, desain grafis, dan sastra. Melalui pengalaman para pekerja kebudayaan dengan latar belakang yang beragam,  kita akan melihat bagaimana ide-ide kreatif perlawanan muncul dan bagaimana mereka menggunakan berbagai media untuk mengekspresikan ide-ide tersebut. Terlebih lagi, mereka juga akan mengungkapkan usaha-usaha untuk melibatkan masyarakat atau generasi muda yang lebih luas dalam kerja-kerja kreatif perlawanan, termasuk berbagai tantangan dan kesulitan yang ditemui dalam prosesnya. Para narasumber juga diharapkan bisa memberikan ide-ide baru untuk kerja-kerja kreatif ke depan bersama masyarakat dalam usaha melawan pelupaan pelanggaran HAM masa lalu.

Penyelenggara: ELSAM – KontraS – ISSI – Ruang Rupa – Grafisosial – Dewan Kesenian Jakarta