Tags

, ,

#11

Hong Kong 5 Juli 2009
Bagi Ika, berkarya dengan bingkai sebuah tema -setidaknya dalam waktu dua tahun sekali- bukan merupakan rutinitas yang menjemukan. Ika justru mendapat tantangan yang besar ketika harus memilih, mengeksplorasi dan mewujudkan temanya dalam seri karya fashion terbaru. Dimana koleksi baru ini selalu diperkenalkan pertamakali di setiap ajang besar Hong Kong Fashion Week yang diselenggarakan setiap winter dan summer. Sebagian besar pengamat busana, media dan para “buyer” mengatakan kekuatan Ika adalah ketika meghadirkan style fashionnya yang khas itu dalam tema-tema yang memberikan kejutan.

Setelah awal tahun 2009 ini Ika mengangkat tema “On The Desert Road to Alexandria” yang mengeksplorasi budaya Mesir dalam tema fashionnya untuk winter, kini dalam Hong Kong Fashion Week spring/summer 2009 Ika menampilkan tema “One Love” yang terinspirasi dari kehidupan tropis di Jamaika dan Karibia. Sekitar 42 karya dalam model yang bernafaskan tema “One Love” ini akan diperagakan di ajang bergengsi Hong Kong Fashion Week yang berlangsung di Hong Kong Exhibition & Convention Center, WanChai dari tanggal 6-9 Juli 2009.

#3 #6 Capture_2
#1

“One Love” terinspirasi dari kasualitas dan kesahajaan kehidupan di kepulauan tropis yang penuh dengan simbol-simbol alam dan cinta. Dalam kreasi fashion dengan tema “One Love” ini Ika menerjemahkan simbol tersebut dalam ragam model floral dipadu geometris yang dinamis dan warna fashion yang casual dengan memadukan keunikan teknik finishing yang menjadi ciri khas Ika yaitu patchwork dengan slashing, piping, bordir dan teknis yang menggunakan ketelitian dan pekerjaan tangan lainnya.

Setiap penyelenggaraan Hong Kong Fashion Week, peragaan fashion Ika menjadi sebuah acara yang ditunggu-tunggu karena selalu menyimpan kejutan. Koleksi fashion yang pertamakali diperkenalkan plus kemasan fashion shownya merupakan gabungan kreatifitas dan entertainment. Di catwalk, fashion karya Ika dibawakan secara elegan silih berganti oleh model-model yang sesuai dengan karakter fashion dan temanya.

Dalam Hong Kong Fashion Week kali ini tema “One Love” bukan saja menghadirkan koreografer DewaNugraha/ Nugie dan Donnie Ardhia dari Bali yang akan menata sequence, lagu dan gerak para model ketika membawakan koleksi Ika di catwalk, namun Alexa d’Heureuse dan Ratih Dhamma Iswari dua model dari Bali hadir pula untuk membawakan koleksi-koleksi “One Love” tersebut.

Keterlibatan koreografer dan model dari Bali ini tidak lain adalah wujud kecintaan Ika akan Bali dan Indonesia yang telah memberikan banyak inspirasi dalam perjalanan hidupnya hingga saat ini.

TENTANG IKA
Ika adalah fashion designer Indonesia yang menetap di Hong Kong dan Bali. Di bawah brand Butoni yang diciptakannya bersama partnernya telah menjadi sebuah perjalanan panjang yang memberikan makna yang mendalam pada karya dan kreatifitas fashionnya.

Ika yang menggagas Bali Fashion Week ini juga menjadi Senior Executive Committee di Hong Kong Fashion Designer Association serta menjadi founder bagi beberapa organisasi dan yayasan di Bali.

TENTANG HONG KONG FASHION WEEK
Ajang Hong Kong Fashion Week adalah salah satu event fashion yang terbesar di dunia. Selain soal kepesertaan yang menghadirkan lebih dari 1000 peserta pameran dari 21 negara serta lebih dari 17.000 pengunjung dari 87 negara pada tahun lalu juga transaksi yang terjadi selama acara ini adalah angka yang fantastis. Hong Kong Fashion Week merupakan sebuah ajang prestisius dimana fashion desainer dan produsen fashion terbaik di Asia bertemu dengan pembeli dari seluruh dunia.

Untuk Informasi selengkapnya hubungi:
butoni@hkstar.com