Tags

, , , ,

PechaKuchaNight Bali Vol 2

Nampaknya kini banyak orang harus segera bersiap dengan Pecha Kucha Night Bali Volume 2 yang akan segera digelar di Sanur Village Festival pada hari Kamis tanggal 13 Agustus 2009 mulai jam 18.30 malam. Lokasi Sanur Village Festival yang baru di Pantai Mertasari Sanur begitu indah untuk dilewatkan bersama Pecha Kucha Night Bali Volume 2, pilihan makanan yang asik di foodstall serta hiburan yang beraneka ragam sepanjang hari dan malam.

Pecha Kucha Night Bali yang dikelola Bali Creative Community memang sangat cocok disandingkan dengan Sanur Village Festival yang keberadaannya juga berbasis community development. Acara Pecha Kucha Night Bali Volume 2 ini mengundang Anda siapa saja untuk berbagi tentang gagasan atau ide. Belum sah rasanya sebuah ide jika masih ada dalam benak dan awang-awang. Jadi, tunggu apa lagi? Segera daftarkan presentasi Anda dengan ketentuan sbb:

TENTANG PECHA KUCHA NIGHT

1. Apa Pecha Kucha Night itu ?
Kata Pecha Kucha adalah istilah untuk bunyi dalam obrolan. Pecha Kucha Night adalah sebuah bentuk presentasi dimana siapapun dari profesi dan bidang keahlian yang berbeda dapat menyampaikan gagasan kreatif atau proyek kreatifnya dengan suasana yang casual, menghibur dan menyenangkan. Pecha Kucha Night adalah sebuah acara non komersil yang sangat independen.

2. Siapa penggagas Pecha Kucha Night ?
Acara Pecha Kucha Night pertama kali dibuat oleh Astrid Klein dan Mark Dytham, keduanya adalah co-founder Klein-Dytham Architecture (KDa), sebuah biro arsitek di Tokyo yang percaya bahwa kreatifitas akan berkembang jika kita saling belajar dan bertukar ide kreatif. Dalam Pecha Kucha Night difokuskan bagaimana orang-orang berlatar kreatif diberi ruang untuk bertemu, menyampaikan gagasan kreatifnya di depan publik dan belajar dari pemikiran dan gagasan orang lain.

3. Siapa saja yang sudah menyelenggarakannya?
Pecha Kucha Night diperkenalkan 6 tahun yang lalu dalam suasana yang sederhana namun penuh keakraban yang membuat seluruh peserta dan pemirsanya sangat menikmati. Kini, Pecha Kucha Night telah tersebar secara cepat dibawakan di 218 kota di seluruh dunia termasuk Helsinki, Rotterdam dan Groningen di Belanda; Bogotá, New York, San Francisco, dan Los Angeles di USA; Beijing dan Shanghai di China; Sydney dan Hobart di Australia; Lagos,Berlin, Belfast, Manchester dan Newcastle, Santiago, Costa Rica, Glasgow, Scotland; New Delhi dan Bangalore di India; Buenos Aires, Stockholm, Vienna, Bern, Bangkok, Bandung, Jakarta, Surabaya dan Bali

4. Apa yang menarik dari penyelenggaraan Pecha Kucha Night ?

  1. Tokyo telah menyelenggarakan lebih dari 65 kali atau rata rata sebulan sekali
  2. Pecha Kucha di Cannes Lion Advertising Festival adalah yang paling menghebohkan dimana lebih dari 10 top executive advertising ternama dunia mempresentasikan gagasannya kepada pemirsa.
  3. Sedangkan penyelenggaraan Pecha Kucha Night yang ke-7 di London menjadi yang terbanyak audiencenya dengan lebih dari 1.500 orang penonton.

5. Siapa saja yang akan berada di acara Pecha Kucha Night ?
Mereka yang akan melakukan presentasi dan berbagi gagasan kreatifnya di arena presentasi. Mereka boleh saja seorang amatir, pelajar, professional arsitek, interior designer, graphic designer, fotografer, perupa, musisi, illustrator, jurnalis, penulis, fashion designer, penari, artis, film maker atau siapapun dari bidang dan industri kreatif maupun ibu rumah tangga atau profesi apa saja.
Dalam Pecha Kucha Night peserta bebas menyampaikan presentasi atau gagasan kreatifnya baik yang sudah dipublikasikan, dibuat atau dipamerkan atau kreatifitas yang sama sekali belum pernah disampaikan kepada siapapun

6. Bagaimana mekanisme ikut Pecha Kucha Night ?
Sangat mudah. Jika ingin membagi gagasan kreatif atau karya atau proyek kepada publik silakan persiapkan dalam 20 frame presentasi di Power Point atau keynote. Kemas dan sajikan dengan semenarik mungkin dengan dilengkapi gambar, ilustrasi, foto dan layout ala Anda. Presentasi ini tidak boleh melanggar ketentuan pornografi, politik, suku, ras dan agama. Jika sudah silakan mengirimkan copynya ke info@balicreativecommunity.org atau serahkan langsung ke Suicide Glam Renon, Jalan Cok Agung Tresna, Renon (Depan TVRI Bali) dengan ditujukan kepada Rudolf Dethu 08123866364, dengan mencantumkan nama, profesi dan email serta hp yang bisa dihubungi. Presentasi yang memenuhi syarat akan langsung dicantumkan nama presenternya di situs www.komunitaskreatifbali.wordpress.com. dan situs internasional Pecha Kucha Night di www.pecha-kucha.org
Pada saat presentasi setiap presenter diberi kesempatan mempresantasikan 20 frame gagasannya namun setiap frame secara otomatis akan berganti selama 20 detik sehingga waktu total presentasi hanya 6 menit dan 40 detik. Ini adalah aturan internasional yang telah dibakukan oleh Pecha Kucha Night. Namun jangan khawatir, kalaupun waktunya setiap frame hanya 20 detik tapi membawakannya tetap bisa casual.
Presentasi menggunakan screen layar lebar dan presenter diberi mic yang memungkinkan presentasinya dilihat serta didengar oleh publik secara jelas.

7. Apa ketentuan teknis presentasi untuk Pecha Kucha Night ?
a.    Siapkan 20 frame atau image atau layout presentasi dalam format jpg dengan ukuran 1024 X 768 pixel
b.    Jika formatnya movie files resolusi minimum atau ukurannya harus 640 X 480 pixel dan durasinya tidak lebih dari 7 menit.
c.    Ukuran file maximum baik berupa gambar maupun movie tidak lebih dari 700 MB
d.    Mengisi formulir yang disediakan

8. Kapan acara Pecha Kucha Night ini akan digelar di Denpasar?
Acara akan digelar hari Kamis 13 Agustus 2009 dimulai pukul 18.30 Wita. Acara akan digelar di arena Sanur Village Festival. Acara ini menjadi bagian dari penyelenggaraan Sanur Village Festival yang akan berlangsung 12-16 Agustus 2009

Ayo, tambah daftar presenter di Pecha Kucha Night Bali Volume 2 dari yang sudah siap dibawah ini:

1. Marlowe Bandem – Art Enthusiast [ Bali, presentation’s title: BLIPfest – Be Captured by the Moment ]
2. Rudeboy Dodix – Creative Activist [ Bali, title: Skacore, The Devil, and More ]
3. Raoul Wijffles [ Holland, title: OneDollarForMusic ]
4. Vaughan Hatch [ New Zealand, topic: Old Balinese Gamelan ]
5. Erick EST – Filmmaker [ Bali]
6. Steve Palmer – Entrepreneur, Surfer Girl Founder [ Australia ]
7. Brant Connors [ USA ]
8. Eris ADGI – Graphic Designer [ Bali ]
9. Bluebird – Musician [ Italy ]
10. Gung WS – Graphic Design Student [ Bali ]
11. Moch Satria Welang [ Bali ]

Poster by: Monez