Melanjuti kesuksesan penyelenggaraan tahun-tahun sebelumnya, FGDForum akan kembali menggelar FGDexpo yang ke-4 pada 30 Juli – 2 Agustus 2009 di Jakarta Convention Center. Eksibisi yang diadakan setiap dua tahun sekali ini merupakan ajang industri grafika terbesar di Asia Tenggara yang memamerkan teknologi, produk dan jasa 3 (tiga) pilar industri grafika meliputi industri kemasan, percetakan dan penerbitan. Dengan mengusung tema “Experiencing Creative Industry”, FGDexpo 2009 diyakini akan membuka lebar peluang usaha industri kreatif di Indonesia.

“Sejak awal FGDexpo diselenggarakan untuk memamerkan produk serta jasa industri grafika nasional. FGDexpo diadakan setiap 2 tahun, dan selalu menampilkan teknologi dan tren terkini agar industri grafika semakin populer di tengah masyarakat, baik para praktisi industri grafika maupun masyarakat umum. Kami berharap eksibisi industri grafika ini mampu memberi nilai tambah dan berdampak positif bagi perkembangan industri kreatif di Indonesia”, jelas Andi S. Boediman, Ketua FGDexpo2009 yang juga merupakan tokoh creativepreneurship Indonesia.

FGDexpo2009 yang akan berlangsung selama 4 (empat) hari ini akan memfokuskan eksibisi atas tiga sektor industri; kemasan, percetakan & promosi, dan penerbitan.
• Kemasan (Packaging)
Sektor ini merupakan industri yang berhubungan dengan kemasan produk. Kemasan sebuah produk memainkan peranan yang penting dalam pemasaran produk, dimana akan menjadi salah satu hal yang mempengaruhi konsumen dalam mengambil keputusan saat membeli produk. Kegiatan pada FGDexpo2009 yang menyangkut isu kemasan antara lain adalah eksibisi perusahaan yang bergerak di bidang kemasan beserta portofolionya dan lomba desain kemasan untuk membantu perkembangan UKM yang diselenggarakan oleh AIESEC.
• Promosi (Promotion)
Bertambah canggihnya teknologi dunia membuat konsumen Indonesia terbuka dan memiliki media komunikasi alternatif yang lebih beragam, tidak lagi terpaku pada media tradisional seperti koran dan majalah, radio maupun TV. Hal ini membuat potensi media non-tradisional terbuka semakin lebar, khususnya media digital. Selain promosi, percetakan (printing) juga akan dibahas tuntas mengingat di Indonesia industri percetakan, khususnya percetakan konvensional (offset) memiliki pasar yang sangat besar dengan tingginya kebutuhan materi cetak bagi promosi produk-produk yang akan dipasarkan.
• Penerbitan (Publishing)
Penerbitan merupakan sektor industri kreatif yang menjadi titik ujung dari proses pemasaran dalam mendistribusikan produk kepada masyarakat, dan memiliki potensi pasar yang sangat baik untuk berkembang. Kemajuan teknologi digital printing memberikan kesempatan kepada para penulis untuk tidak hanya menjadi lebih kreatif sebagai penulis dengan memanfaatkan beragam kemajuan teknologi yang ada, tetapi juga memberikan kesempatan dan peluang baru kepada mereka untuk berkembang menjadi pelaku penerbitan.

Acara-Acara di FGD Expo 2009

Aidc

INSIDE

grapol_poster

freaks

Creative Media Week