Tags

, ,

BDF09

Setelah beberapa waktu lalu Bali Creative Community mengikuti Creative Cebu di Filipina yang diwakili oleh Jeff, bulan Oktober ini kembali Bali Creative Community mengikuti acara yang dibuat The British Council dalam kerjasamanya dengan Thailand Creative and Design Centre (TCDC), dan Bangkok Design Festival bersama-sama menjadi tuan rumah jaringan creative entrepreneurs dari Thailand, UK dan Negara Asia Timur (Japan, China, Vietnam, Malaysia, Philippine, Indonesia, New Zealand). Maksud dari jaringan ini adalah untuk membentuk sebuah landasan bagi setiap individu-individu untuk saling menginspirasi, berbagi pengetahuan melalui kolaborasi, dan mendorong terjalinnya komunikasi business to business dan kerjasama kota dengan kota. Pada kesempatan ini Ayip akan mewakili Bali Creative Community dan Kota Denpasar mengikuti acara Creative Entrepreneur Catalysts Bangkok

Program akan terdiri dari pameran dan display, seminar serta mengunjungi industri kreatif di Bangkok. Event ini akan memperlihatkan contoh bagaimana Bangkok sangat diuntungkan oleh eksistensi creative entrepreneurnya dan bagaimana intervensi serta pembangunan infrastruktur baik oleh sector swasta maupun pemerintah hadir mendukung mereka. British council akan membawa creative entrepreneur dari UK dan Negara Asia Timur untuk mengikuti event di Bangkok ini untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan. Hal ini akan menjadi sebuah kesempatan emas untuk belajar dari mereka yang telah melakukan bisnis di pasar dan Negara yang berkembang. Juga diundang untuk mengikuti event yang dihadiri oleh creative entrepreneur dari UK. Ini adalah kesempatan dimana creative entrepreneur dari Thailand, UK dan Negara Negara Asia Timur untuk berjejaring.

Melalui program Creative City, British Council sangat mensupport entrepreneur dari tiga kota di Indonesia (Jakarta, Bandung, Bali) untuk mengikuti acara ini. Peserta akan mewakili komunitas kreatif masing-masing kotanya dan menjalin kerjasama serta jaringan untuk membentuk jaringan creative entrepreneur di kotanya masing masing.

Objective:
Peserta dari Indonesia diharapkan dapat:

  1. Mempromosikan aktifitas kotanya serta bisnisnya dengan:
    a.    Mempersiapkan dan membawakan sebuah presentasi mengenai aktifitasnya dan aktifitas kreatif kotanya yang akan dibawakan dalam acara
    b.    Pro aktif berbagi tentang bisnis dan aktifitas kotanya kepada peserta lain dalam setiap aktifitas selama program berlangsung.
  2. Mengidentifikasi kemungkinan dan kesempatan kemitraan business to business partnership dengan seluruh peserta dari kota Negara lain.
  3. Mengidentifikasi kemungkinan kemitraan city to city antara kotanya dan kota lain di Asia Timur dan UK.
  4. Mengajukan pertukaran pengetahuan (ide, kontak dan kesempatan) kepada peserta dari Negara lain melalui komunitasnya, pemerintah maupun sector swasta.
  5. Bersama dengan British Council – membangun pasca kunjungan dengan membuat program yang akan menyambungkan link organisasi yang diwakilinya dengan British council dalam wilayah program creative city, creative industry dan community entrepreneur program.

Di Bangkok, selain mengikuti agenda Bangkok Design Festival, Seminar creative entrepreneur, seminar social entrepreneur, mengunjungi sentra industri kreatif Thailand juga akan menghadiri pembukaan Bangkok International Gift Fair 2009