Tags

,

ARTTITUDE adalah event dan pameran Desain Komunikasi Visual yang diselenggarakan oleh mahasiswa Fakultas Seni rupa dan Desain Institut Seni Indonesia Denpasar yang dilandasi oleh sebuah tema “World for Better Living” Yaitu bagaimana kita dapat merespon hal-hal yang mengingatkan kita akan pentingnya menjaga bumi dari ancaman dan kelalaian manusia sendiri.

Bumi merupakan tempat hidup bagi makhluk hidup. Tempat di mana manusia, hewan dan tumbuhan tinggal dan saling bersimbiosis. Namun, seiring dengan perkembangan zaman, bumi mulai mengalami perubahan, baik secara fisik maupun nonfisik. Berbagai isu – isu bencana alam hingga bencana akibat campur tangan manusia mulai merubah bumi ke arah yang buruk, hingga mulai sulit untuk ditinggali. Beberapa contoh dari isu – isu tersebut adalah illegal logging, pembuangan limbah pabrik secara sembarangan, polusi tanah, air dan udara hingga isu terhangat seperti pemanasan global.

Perubahan ini berdampak pula terhadap dunia kreatifitas desain komunikasi visual. Berbagai macam kritik dan dukungan pun muncul untuk membangun kembali dunia hingga menuju ke keadaan bumi yang seimbang dan layak untuk dihuni. Selain itu, berbagai cara telah dilakukan untuk mengkampanyekan cara – cara sederhana untuk mengembalikan keadaan bumi ke arah yang lebih baik.

Melihat kenyataan yang ada di atas, maka dipandang perlu untuk melaksanakan kegiatan kreatif yang bertujuan untuk mengkampanyekan pelestarian lingkungan berupa sebuah acara dengan nama ARTTITUDE.

ARTTITUDE adalah acara kreatif dengan format pameran karya sebagai acara inti dan beberapa kegiatan kreatif yang dilaksanakan oleh mahasiswa Desain Komunikasi Visual Institut Seni Indonesia Denpasar. ARTTITUDE merupakan penggabungan dari dua buah kata dalam bahasa Inggris yaitu ART yang berarti seni dan ATTITUDE yang berarti sikap kerja dan kepribadian. Secara garis besar kata ARTTITUDE mengandung makna yaitu sebuah karya seni yang bergantung dari sikap kerja dan kepribadian seseorang, sehingga nantinya diharapkan karya seni yang diciptakan, berdasarkan ideologi pribadi yang di dalamnya terdapat pengaruh akademik , lingkungan , dan bidang kerja .

Dalam acara ARTTITUDE yang mengangkat WORLD FOR BETTER LIVING (bumi untuk tempat tinggal yang lebih baik), mahasiswa Desain Komunikasi Visual (DKV) ISI Denpasar mencoba untuk mengkampanyekan alangkah baiknya apabila bumi kembali menjadi rumah yang nyaman, asri, serta layak untuk ditinggali. Dewasa ini bumi mulai mengalami perubahan yang cukup dramatis, keadaan alam yang tidak menentu akibat berbagai macam ulah manusia. Alangkah baiknya apabila kita sebagai manusia memiliki langkah nyata tehadap perubahan besar ini.

Sesuai perkembangannya DKV sebagai sebuah bidang yang selalu bergerak bersama dengan zaman, gaya hidup, serta trend. Maka nantinya ARTTITUDE akan mengangkat berbagai macam bentuk karya DKV yang senantiasa mengelitik mata, serta mencubit hati penikmatnya namun tetap mengikuti zaman serta tidak lepas dari budaya yang mengikatnya. Selain itu, ARTTITUDE juga memiliki tujuan untuk merajut rasa persaudaraan antar mahasiswa DKV dan menjaga aksistensi karya-karya DKV.

Kedepannya, ARTTITUDE ini akan berlangsung secara intensif yaitu 2 tahun sekali. Pada setiap 2 tahunnya ARTTITUDE akan mengangkat tema yang berbeda, disesuaikan dengan topik yang sedang menjadi issue (topik) pada saat tersebut dan diharapkan dapat membantu perkembangan desain komunikasi visual ke arah yang lebih baik

Nama Acara: ARTTITUDE
Pelaksanaan: 15-21 Februari 2010
Tempat: Denpasar Junction, Jalan Teuku Umar Denpasar
Acara:

PAMERAN DESAIN KOMUNIKASI VISUAL
WORKSHOP
SEMINAR KREATIF
LIVE MUSIC
LOMBA-LOMBA:
– FOTO
– MENGGAMBAR UNTUK ANAK
– MURAL TONG SAMPAH
– POSTER

Untuk Informasi hubungi: sanjaya : 08174766155