Tags

, ,

Film: Bali Menantang Masa Depan
Dir: IGP Wiranegara
Indonesia, 2010, 50 menit

Hari Minggu, 16 Mei 2010
Tempat: MiniHall Irama Indah, lt.1

Minikino http://minikino.org
Jl. Diponegoro 114 Denpasar, Indonesia
jam: 14:30 – selesai
GRATIS | Mohon hadir 15 menit sebelum acara

Diskusi bersama IGP Wira Negara dan beberapa narasumber yang terlibat

BALI MENANTANG MASA DEPAN
Sutradara: IGP Wiranegara

Bali selama ini dikenal sebagai pulau pulau surga, pulau seribu pura yang terkenal indah, tentram, damai, tak kurang suatu apapun sehingga memang layak menjadi daerah tujuan terbaik di Indonesia. Pada masa globalisasi saat ini, Bali telah menjadi tempat berkumpulnya masyarakat dunia baik sebagai wisatawan maupun mencari penghidupan. Banyak keberhasilan dan berbagai hal positif lainnya yang diperoleh Bali dari industri pariwisata dan pengaruh globalisasi tersebut. Namun di balik keberhasilan, tidak sedikit hal buruk dan permasalahan yang timbul sebagai dampak dari pariwisata dan globalisasi. Hal tersebut sesuai dengan konsep Hindu Rwa Bhineda yang berarti dalam dunia ini ada gelap dan terang, baik dan buruk yang selalu berdampingan secara harmonis tanpa saling meniadakan.

Berdasakan konsep Rwa Bhineda film ini mamaparkan situasi Bali secara jujur apa adanya baik sisi gelap maupun terangnya agar penonton dapat memandang secara jernih apa yang sebenarnya terjadi di Bali saat ini. Film ini merupakan ungkapan kerisauan masyarakat Bali terhadap perkembangan Ekonomi, Sosial, dan Budaya di Bali dewasa ini. Film ini juga dapat menjadi otokritik buat masyarakat Bali agar lebih bijak dalam memperlakukan tanah yang mereka sucikan sehingga predikat Bali sebagai pulau yang indah, pulau seribu pura, pulau yang aman, tentram dan damai tetap berlaku sepanjang masa.

Film “BALI Menantang Masa Depan” mengajak seluruh pemangku kepentingan (stake holder) bersama-sama ikut menjaga Bali agar tetap lestari seiring dinamika perkembangan peradaban dunia.

Filmografi IGP Wiranegara
Sebagai Kemerawan/Sutradara:
1. Meniti Buih Gelombang Tsunami – Documentary Film (2006)
2. Menyemai Terang Dalam Kelam – Documentary film(2006)
3. Paku Buwono XII, Berjuang untuk sebuah Eksistensi (2004)
4. Upacara Adang, Memperingati Maulud Nabi Muhammad SAW – Documentary film (2002)
5. Kehidupan Nelayan Pelabuhan Ratu – Documentary film (2002)
6. Pak Wi. Pak Profesor – Profile Documentary film (2002)
7. Celebrating the Sacred Month of Suro – Documentary film (2001)
8. RSCM, Instructional Video (2000)

Sumber: Minikino