“TAKLUKKAN PERUBAHAN!” DI PINASTHIKA 2010
11 tahun yang lalu sejarah mencatat kelahiran Pinasthika sebagai kompetisi iklan daerah yang diprakarsai oleh Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia (PPPI) Pengda DIY dan SKH Kedaulatan Rakyat. Diawal perjalanannya dinamakan Pinasthika Widyawara kini menjadi Pinasthika Festival Iklan 2010.

Sepanjang perjalanannya, Pinasthika rutin menarik insight industri lokal ke dalam keseluruhan tema acara. Sebuah semangat untuk insan periklanan industri lokal agar mulai berubah dan berani bertarung demi meningkatkan kualitas diri, juga pengingat diperlukannya keberanian dan keyakinan pada diri sendiri bahwa untuk mencapai kejayaan harus dimulai dari diri sendiri.
2004 : Show Up
2005 : No Guts No Glory
2006 : Lawan Keterbatasan!
2007 : 100% Indonesia
2008 : Asah Nyali Jadilah Juara Sejati
2009 : Be The Legend
Namun apakah tema ini masih relevan dalam menjawab tantangan industri saat ini dan masa depan?

Kini, industri lokal tengah berada di persimpangan sebuah lompatan perkembangan teknologi sekaligus perubahan kebudayaan konsumen. Konsumen kini mencari dan berbagi informasi, dimanapun dan kapanpun, swadaya tanpa harus mengandalkan media mainstream seperti TV, radio, atau koran. Perubahan kebiasaan konsumen ini harus segera ditangkap dan dipelajari. Tanpa analisa dan pemahaman mendalam, kita tak lagi dapat memberikan inovasi yang mampu mendatangkan kepercayaan dari pasar.

Kita harus bergegas! Baca perubahannya dan persiapkan segalanya sedari dini. Waktu, dipahami sebagai relatifitas karena bisa berbeda satu dengan yang lain, namun ada satu yang pasti di dunia ini yaitu perubahan itu sendiri. The time is here, the future is now. Kesadaran untuk berubah adalah paradigma lama. Pencapaian kini tidak hanya melewati titik finish namun kemampuan mengembangkan potensi pasar baru dengan kolaborasi, reinventing, dan re-engineering ideas and strategy. Taklukkan Perubahan!

PPPI sebagai asosiasi industri periklanan nasional yang menaungi Pinasthika memiliki misi untuk menjaga keselarasan antar perusahaan periklanan daerah dan nasional dalam mengembangkan industri periklanan pada umumnya. Momen satu-satunya yang mampu mempertemukan karya daerah hingga ke tingkat nasional bahkan kini internasional adalah kompetisi. Kompetisi inilah yang memacu kualitas akhir yang makin baik, hingga akhirnya membawa kepuasan bagi berbagai pihak

Pinasthika Festival Iklan 2010 ‘Taklukkan Perubahan! akan diselenggarakan tanggal 29-30 Oktober 2010 di Hyatt Regency Hotel Yogyakarta. Agenda kegiatan Pinasthika meliputi AdSeminar, AdGallery, AdExpo, Awarding, dan workshop. Meneruskan tradisinya, Pinasthika akan memilih tempat-tempat bersejarah di Jogja semasa penyelenggaraannya. Ini sekaligus menjadi kesempatan yang tepat untuk mempresentasikan potensi infrastruktur daerah kepada undangan dan tamu yang hadir dari luar Jogja. Menuju persiapan kegiatan ini, Pinasthika akan menjalani roadshow antar universitas dan pengurus daerah asosiasi se-Jawa dan Bali. Momentum ini juga dimanfaatkan sebagai silaturahmi dan sinergi antar pengurus di berbagai daerah.

Semangat Pinasthika untuk terus mengembangkan diri dari tahun ke tahun terwujud nyata saat Kementerian Perdagangan Indonesia menuliskan Pinasthika Festival Iklan dalam agenda tahunan kalender Ekonomi Kreatif. Bahkan lebih lagi, penugasan AdStudent dan Young Film Director tahun ini adalah program 100% Cinta Indonesia dari Departemen Perdagangan. Ini bentuk riil adanya sinergi kondusif yang terjalin antar elemen industri. Makin kokoh kini, Pinasthika memulai komitmennya dalam menjawab amanat bangsa sekaligus memajukan perindustrian lokal.

Semoga Pinasthika dapat membawa manfaat bagi industri periklanan Indonesia, dengan menumbuh-kembangkan kreativitas periklanan daerah, sekaligus membangkitkan minat dan pensosialisasian industri periklanan kepada khalayak umum.

“TAKLUKKAN PERUBAHAN!”

Tema ini akan menjadi semangat baru yang mampu membawa perubahan. Misinya menguak segala mimpi-mimpi terpendam untuk menjadi seorang yang mampu membawa perubahan. Belajar dari seorang legenda berarti memahami konsep idealisme. Sebagai seorang kreatif, memiliki idealisme adalah kode unik diantara banyaknya karya lain. Menciptakan sebuah masterpiece mampu menggerakkan hati banyak orang. Hingga akhirnya karya itu dikenang abadi.

Menempuh tantangan industri jauh ke depan nanti, maka tibalah saatnya untuk memberi kontribusi signifikan untuk industri daerah. Saatnya membawa ide-ide segar ini ke tingkat yang lebih tinggi. Pinasthika 2010 akan Go International. Entri akan mengikutsertakan agensi-agensi lokal seluruh Asia. Melalui gebrakan ini, Pinasthika memastikan positioning-nya sebagai ajang kompetisi agensi lokal, kini dengan lingkup lebih luas dan universal.

Maka saat ini Pinasthika akan ‘berbicara‘ lebih universal. Hal ini dibangun dari pemahaman konsep periklanan yang dapat diterima dan berguna bagi semua lapisan masyarakat. Mengikuti ajang ini berarti juga menghargai ide-ide kreatif sejati. Karena sebuah karya orang iklan itu abadi.

“Percepat langkahmu, perubahan tak mau menunggu”

Untuk kategori lomba klik disini