Pameran Kartun 9th Kyoto International Cartoon Exhibition

9 – 15 Oktober 2010

9 Oktober pukul 18.30 peresmian

10 Oktober pukul 10.00-12.30 temu artis/ melukis bersama

 

Sebanyak 187 kartun garapan para kartunis dari 33 negara bakal tampil di dalam pameran

9th Kyoto International Cartoon Exhibition di Bentara Budaya Bali, yang akan diresmikan Sabtu 9 Oktober pukul 18.30 Wita. Gambar-gambar jenaka itu adalah finalis dari kontes kartun antarbangsa. Penyelenggaranya Kyoto International Cartoon Congress, merupakan satu dari segelintir lomba kartun tingkat dunia yang paling bergengsi. Lomba semacam ini menjadi incaran para kartunis hebat dari berbagai benua. Pemenang utama kompetisi Kyoto ini adalah Jitet Koestono dari Indonesia. Tempat kedua diduduki seorang kartunis Polandia, dan hadiah penting lainnya direbut seorang kartunis kawakan dari Inggris Raya. Karya-karya mereka akan mengisi ruang pamer, berderet dengan kartun para finalis.

Jitet yang sudah puluhan kali memenangkan berbagai kontes kartun antarbangsa, bakal hadir di dalam resepsi pembukaan. Ia juga bersedia menemani para penggemar kartun untuk melukis bersama pada Minggu pukul 10.00-12.30 di ruang pamer di dalam acara “temu artis”. “Kalau ada kesempatan tatap muka dengan para penggemar kartun, saya senang sekali. Apalagi kalau bisa melukis bersama,” tutur Jitet. Waktu untuk bertemu para penggemar kartun memang dibatasi karena Jitet harus segera kembali bekerja di Jakarta. Meski demikian ia mengharap bisa memanfaatkannya untuk berbagi pengalaman dengan sesama penyuka kartun.

Jitet memang suka merendah, meski pengakuan atas kemampuannya yang tinggi berdatangan dari berbagai juri sejumlah kontes tingkat dunia. Ketua Dewan Juri dari Kyoto, Yasuo Yoshitami, sangat memuji teknik drawing Jitet Koestono yang disebutnya “superior” dan memiliki pandangan tajam, layaknya jurnalis. “Ia punya semangat muda yang sangat segar dan menjanjikan,” ujar Yoshitami. Kabar dari Kyoto ini makin mengukuhkan posisi Indonesia dalam berbagai kompetisi kartun di dunia. Harap dicatat dari seluruh 187 karya finalis , terdapat 16 buah kartun yang berasal dari Indonesia, terbanyak dari seluruh negeri peserta.

Pameran ini akan diresmikan oleh bapak Istio Adi, Direktur Museum Kartun Indonesia, dan berlangsung sampai dengan 15 Oktober 2010. Pameran serupa telah berlangsung bulan Juli di Kyoto, dan di Bentara Budaya Jakarta.